Naik ke level lebih bonavit. Asyeeeik!

Kelihatannya gimana sih kalo buka usaha laundry di apartemen sob? Lebih wow gitu ya.

Banyak apartemen yang menyewakan ruang untuk usaha. Tapi ya pastinya nggak gede gede amat sih sob.

Nih yang pada mau buka laundry di apartemen, simak dulu ulasan kita

1.     Mevvah

Emang bener kok, kelihatan gimana gitu kalau buka di apartemen. Lebih prestisius. Kelebihannya adalah harga laundry di apartemen biasanya akan lebih tinggi dibandingkan harga laundry di kios kios biasa. Tapi sebenernya yang namanya laundry ya sama aja, ada pakaian kotor, ada tumpukan cucian dan teman temannya. Mewah cuma anggapan semu, hehe.

2.     Konsumen terbatas

Pelanggan yang akan mendatangi kebanyakan memang hanya dari apartemen itu aja. Kamu harus lebih giat lagi untuk menarik perhatian mereka. Konsumen yang terbatas, justru mempermudah proses antar-jemput jadi nggak terlalu ribet dan nggak mengeluarkan banyak biaya.

3.     Ruangan Terbatas

Luas ruangan emang terbatas karena kebanyakan pihak apartemen hanya punya ruang kecil untuk di sewakan. Hal ini jangan sampai bikin gerakmu terbatas juga. Penataan alat produksi bisa diakalin pakai rangka stack sob. Kalo kamu punya biaya lebih, kamu bisa sewa tempat 2-3 sekat sekaligus. kamu juga harus pandai membuat instalasi air, listik untuk usaha laundrymu biar ga semrawut.

4.     Kamu no.1

Melayani konsumen dengan sepenuh hati, harus kamu lakukan. Siapkan dirimu karena outletmu akan dicari-cari sama konsumen di apartemen. Kebanyakan orang malas mencari laundry di luar apartemen dan ini peluang besar untuk laundrymu. Kamu bisa door to door jemput laundry konsumenmu. Lebih mudah kan ?

Setelah melihat beberapa pertimbangan diatas, dan kamu berencana membuka usaha laundry di apartemen kita sudah menyiapkan tips yang ampuh agar usaha laundry di wilayah apartemen agar banyak konsumenya dan mendapat banyak cuan :

1.     Lakukan riset sebelum buka usaha

Alangkah lebih baik, bila Kamu mengetahui karakteristik dan gambaran penghuni di apartemen tersebut. Misalnya, penghasilan rerata penghuni, berapa harga unit yang dibeli atau disewa, tulis semua toko yang sudah buka di sekitar apartemen.  Percuma dong kita buru buru buka laundry ternyata di apartemen masih belum ada penghuninya.

Riset ini akan memberikan masukan kepada Kamu, untuk usaha laundry yang akan dibuka di lingkungan apartemen. Jangan sampai bentrok dengan toko lain, karena persaingan akan cukup ketat. Agar riset Kamu menghasilkan, cobalah untuk bertanya dengan pihak manajemen, penghuni, atau sales dari pengembang apartemen tersebut.

2.     Pilih lokasi yang pas

Lokasi terbaik untuk buka usaha laundry di apartemen adalah pada lokasi yang sering dilalui oleh penghuni apartemen. Dengan demikian, mereka akan sadar dengan keberadaan laundry kamu. Jika memang lokasi Kamu sudah terlanjur kurang strategis, maka Kamu bisa menggencarkan promosi Kamu di sana dengan menyebarkan brosur di masing-masing apartemen.

3.     Bikin perbedaan

Jika udah banyak usaha laundry yang buka dalam lingkup sebuah apartemen, maka buatlah perbedaan mencolok yang membedakan laundry Kamu dengan laundry pesaing.

Beberapa contohnya seperti, tampilan usaha laundrymu dibuat lebih menarik dan mencolok, kemudian ikuti tren digitalisai terkini dengan menggunakan sistem penerimaan digital melalui palikasi mangemen laundry seperti bilas.id agar lebih canggih, selain itu kamu juga bisa menerima banyak sistem pembayaran selain cash seperti debit, gopay, dll.

4.     Pastikan membuka layanan delivery order

penghuni yang tinggal di apartemen, biasanya hanya memiliki waktu sedikit dalam sehari. Mereka akan ada di waktu-waktu tertentu khususnya pada malam dan di hari libur. Untuk itu agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan terapkan layanan pick up & delivery service di lingkungan apartemen.

5.     Perhatikan kualitas layanan jasa

Pastikan laundrymu memiliki kualitas yang lebih baik daripada pesaing. Terpakan SOP pelayanan pada karyawan. Perhatikan juga kualitas bahan baku seperti detergen, parfum, dll jangan asal murah.

Karyawan laundry juga harus diberi pengetahuna tenatang peoses pencucian, pengeringan, packing, hingga pengantaran agar meminimalisir komplain dari pelanggan.

6.     Terapkan harga promo di awal

Selain kualitas jasa, perhatikan tawaran harga produk Kamu. Usahakan, agar produk Kamu bisa bersaing dengan produk lain, bahkan jika perlu pasang harga promo di awal opening untuk menarik perhatian konsumen.

Konsumen akan lebih memilih produk dengan kualitas baik dan harga yang murah. Itulah sikap konsumen secara umum, apalagi bila Kamu membuka bisnis di lingkungan apartemen. Namun ketika konsumen sudah percaya pada servis laundry kita, maka konsumen siap bayar berapapun untuk jasa laundry dari kamu.

7.     Jangan lupa publikasi

Setelah semua tips tadi dijalankan,  jangan lupa publikasi dan berikan promosi di awal Kamu membuka usaha. Publikasi bisa berupa flyer dan brosur biar semua orang tahu. Namun, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu kepada manajemen gedung sebelum disebar.

Lokasi usaha mana yang kamu tuju, tetap yang terpenting adalah ketekunan dan niat yang kuat. Karena namanya usaha pasti ada batu sandungan yang muncul. Jadi atasi masalah sebijaksana mungkin dan jangan sampai berlarut larut ya sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *