Beranda » ARTIKEL LAUNDRY » mengurus izin usaha laundry ? yuk belajar bareng

mengurus izin usaha laundry ? yuk belajar bareng

Diposting pada 23 Desember 2020 oleh admin | Dilihat: 2.920 kali | Kategori:

MENGURUS IZIN USAHA LAUNDRY

Sampai mana persiapan buka usaha laundrymu?

mengurus izin usaha laundry ga ribet

Jika kamu sampai ke tahap soal perijinan, jangan puter balik ya sob. Artinya soal perijinan usaha harus tuntas.

Ada beberapa pengusaha yang nggak memperhatikan izin usaha laundry mereka karena mungkin lingkungan mereka juga nggak mempermasalahkan hal itu.

Dalam mendirikan usaha laundry sebenernya kita nggak perlu terlalu ribet untuk bikin ijinnya. Karena nggak perlu ijin keramaian kayak buka usaha cafe atau resto.

Perijinan yang paling simpel buat buka usaha laundry biasanya cuma ijin usaha setempat. Misal kamu lapor RT atau mendaftarkan usahamu sampai tingkat kecamatan perihal usaha rumahan.

Menurut pengalaman kami, ada beberapa surat izin yang perlu diurus. Surat surat ini disesuaikan dengan bentuk usaha dan lokasi usaha laundrymu. Sekarang semua prosesnya makin dipermudah sama pemerintah lho sob.

surat yang perlu diurus untuk melegalkan usaha luandrymu

  1. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

SIUP adalah izin operasional bagi perusahaan atau badan yang melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan, yaitu berupa kegiatan jual beli barang. SIUP untuk perdagangan jasa mencakup penyediaan jasa dan sewa-menyewa.  Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan RI No.46 / 2009, SIUP diwajibkan bagi setiap usaha dengan kekayaan bersih di atas Rp 50 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha). Namun usaha dengan kekayaan bersih di bawah Rp 50 juta dapat mengajukan SIUP jika pelaku usaha menghendaki, misalnya dalam rangka memenuhi persyaratan untuk mendapatkan pinjaman.

  1. SITU (Surat Izin Tempat Usaha)

SITU adalah izin yang diberikan kepada perorangan, perusahaan, badan untuk memperoleh tempat usaha sesuai dengan tata ruang wilayah yang diperlukan dalam rangka penanaman modal. Dasar hukum untuk SITU biasanya dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah berupa Perda.

  1. Surat Pernyataan

Untuk usaha laundry di area perumahan, biasanya kita diminta Surat pernyataan yang menyatakan bahwa usaha tersebut tidak memberatkan lingkungan atau tetangga sekitar. Perlu diingat bahwa semakin menjamurnya usaha laundry membuat masyarakat menjadi resah karena menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk menghindari komplain tetangga biasanya kita bikin surat pernyataan disaksikan tetangga sekitar.

  1. Izin Pembuangan Air Buangan ke aliran sumber air

Khusus kamu yang mau buka usaha laundry industri (laundry linen kapasitas besar, laundry garmen, dan laundry yang kapasitasnya diatas 400kg sehari) kalian perlu juga mengurus izin ini, karena pembuangan air yang dikeluarkan sangat banyak. Surat ini biasanya diurus ke Surat Badan Pengelola Lingkungan Hidup dari kota setempat.

 

Emang apa untungnya kalo izin usaha laundry kita legalkan?

Berikut ulasan kami!

keuntungan usaha laundry berizizn

KELEBIHAN MEMPUNYAI PERIZINAN USAHA LAUNDRY

  1. Usahamu adalah resmi

Usahamu terdaftar secara sah apalagi kalo ada akta pendirian. Tapi biasanya untuk usaha mikro nggak seribet itu kok, kecuali kamu mau bikin CV atau PT, sob.

usaha resmi berizin

  1. Aman

Keamanan dan ketertiban usahamu tetap harus kamu jagain sendiri ya sob. Apalagi banyak baju konsumen yang jadi tanggung jawabmu sebagai penyedia jasa laundry. Aman yang dimaksud adalah aman dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Misal mereka mengaku petugas dan memungut biaya pajak tidak resmi dan sejenisnya.

usaha laundry berizizn aman

  1. Nyaman

Kamu lebih nyaman menjalankan usahamu, tanpa beban pikiran mengenai legalnya bisnis laundrymu karena kamu udah punya pegangan surat-surat resmi dari Lembaga terkait. Hari – harimu akan lebih banyak fokus dengan perkembangan usaha dan tidak sibuk untuk mengurus surat menyurat yang menyita waktu.

izizn usaha laundry tidak ribet

  1. Memudahkan perkembangan usaha

Dengan perijinan usaha yang lengkap kita bisa lebih mudah melakukan perluasan usaha. Contohnya seperti kita menawarkan kerjasama dengan salon, spa, hotel, dll. Selain itu perizinan yang lengkap juga sangat membantu kita agar mendapatkan program bantuan dari pemerintah maupun swasta dalam pengembangan usaha kita. Contonya seperti pelatihan usaha, bantuan alat produksi, pinjaman modal, hingga bantuan dana.

izizn usaha laundry dipermudah

emang ngurus perizinan ga semudah yg dibayangkan, tapi bakal lebih ribet lagi kalo usaha udah jalan baru ngurus perizinan karena ada yg mempertanyakan legalitas usahamu. tips dari kita dalam ngurus perizinan cuma satu, sabar dan ikuti alurnya.

memulai mengurus izizn usaha laundry

Semoga lancar ya sob, ngurus perijinan buat laundrymu. Semua yang akan kamu lalui di tahap perijinan adalah buat masa depan laundrymu juga.

 

Bagikan

mengurus izin usaha laundry ? yuk belajar bareng | Peralatan Laundry

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Contact Us

Call/SMS/WA :
pembelian retail 0821-3437-3044

info & paket usaha laundry 0823-2955-7622
Email : sales@peralatanlaundry.com

Live Chat
Senin-Jumat 08:00 – 16:00 WIB

Sabtu 08.00-14.00 WIB

Our Office

Kantor Pusat :

Perum BGI JL. Merpati No. 1 Jaten Solo,

Surakarta, Karanganyar, jawa tengah.

Cabang Bekasi :

Ruko Blessing No. 39
Jl. Siput Raya, Kayuringin, Bekasi – Jawa Barat
(Belakang RS Awal Bros)

Konfirmasikan kunjungan Anda ke divisi Sales & Marketing kami di nomor telepon kami untuk ketersediaan Sales Consultant yang mendampingi Anda.

Selamat Berbelanja di Peralan Laundry

Peralatanlaundry.com merupakan penyedia kebutuhan laundry dengan kualitas produk terbaik, layanan costumer service yang profesional, serta proses pengiriman barang yang cepat dan tepat.
PeralatanLaundry.com menjual berbagai produk & jasa kebutuhan usaha laundry seperti deterjen, gelas ukur, parfum laundry super, plastik packing laundry, plastik jinjing laundry, tas laundry, hanger laundry, hanger celana, jarum taggun, taggun, tagpin, pita penanda laundry, botol spray, botol tester parfum, setrika uap boiler laundry, stabilizer boiler, kepala setrika uap, selang setrika uap boiler, sparepart setrika uap, sparepart mesin pengering laundry, pengering speedqueen, pengering laundry konversi, mesin laundry koin. Bagi anda yang baru ingin memulai usaha laundry bisa menghubungi kami segera, karena hanya disini paket usaha laundry terlengkap! dari mulai konsep usaha hingga interior dan design.

Pengiriman ke Seluruh Pelosok Indonesia

Paket Usaha Laundry , Mesin Laundry , Peralatan Laundry, Parfum laundry, Chemical Laundry kami siap dikirimkan ke seluruh Indonesia seperti surabaya, jakarta , bekasi , depok , bandung , makassar , aceh , lhokseumawe , dumai , pematang siantar , bukittingi , tenggarong , semarang , samarinda , kalimantan , sulawesi , sumatra , jambi , lombok , jayapura , ambon , ntt , ntb , padang , balikpapan , bogor , papua , yogyakarta , manado , palu , denpasar , bali , kuta , buleleng , jawa timur, madura , jawa barat , banten , kintamani , tarakan , kendari , bondowoso , jember , sumbawa , riau , pekanbaru , paku, sidoarjo , dompu , flores , kendal , babat , gresik , bengkulu , pasuruan , sumba , negara , nusa penida , magelang , kediri , ponorogo , pacitan , tuban , pekalongan , tegal , pangandaran , pontianak , palu , cepu , pacet , batujajar , bojonegoro , tegal , cilacap , cilegon , pelabuhan ratu , tangerang , madiun , serang , muara padang , banyuwangi , sampit , lombok , probolinggo , malang , palembang , banjarmasin , medan , garut , cirebon , losari , purwokerto , gunung kidul , kebumen , klaten , surakarta , salatiga , magelang , martapura , pangkalan buun , bojonegoro , bontang , singkawang , sragen , solo , muara angke , pangkal pinang , jatinegara , jatinangor , cikarang , cikampek , karawang , magelang , mataram , lombok , bandung , bogor, tangerang ,dan kota kota lainnya.

Chat via Whatsapp
Customer Service Paket Usaha Laundry
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service Paket Usaha Laundry
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja